January 8, 2015

Berkunjung ke ACT !

Bencana alam yang terjadi di daerah Banjar Negara sempat menyita perhatian masyarakat Indonesia- tidak terkecuali saya dan sahabat saya, Desma. Sebelumnya, saya juga ingin menyampaikan perasaan duka cita yang sangat-sangat mendalam terhadap kejadian-kejadian yang menyedihkan belakangan ini. Semoga di tahun yang baru ini, kita semua mendapatkan kehidupan yang lebih baik ya. Amin!

Pada dasarnya, saya dan Desma selalu beranggapan bahwa menolong orang adalah hal yang sangat membahagiakan untuk dilakukan. Saat mendengar bencana alam yang menimpa Banjar Negara, terlintas dibenak kami bahwa alangkah baiknya apabila kami dapat memberikan sedikit pertolongan. Selanjutnya Desma lah yang mencari lembaga penyalur yang dapat membantu kami menyalurkan sedikit bantuan yang berhasil kami kumpulkan. 

Dalam jangka waktu yang cukup pendek, kami berhasil mengumpulkan beberapa barang seperti baju-baju bekas, sepatu, tas, alat-alat dapur, makanan dan uang tunai untuk disumbangkan. Hal ini membuktikan bahwa masih banyak sekali orang yang peduli. Dibawah ini adalah foto barang-barang yang sudah siap dikirim- berikut foto saya, desma dan barang-barang lain dikamar saya. (sorry -_-)

Setelah merapikan semua barang yang akan disumbangkan, pada tanggal 26 Desember kami akhirnya pergi ke kantor ACT (Aksi Cepat Tanggap) di daerah Ciputat. ACT pertama kali diluncurkan sebagai lembaga yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan secara hukum pada 21 April 2005. Pada tahun 2012, ACT bertransformasi menjadi lembaga kemanusiaan global dengan jangkauan aktivitas yang lebih luas. Dapat dilihat bahwa organisasi ini bertujuan sangat mulia untuk membantu banyak orang. Jujur saya sendiri baru pertama kali mendengar soal organisasi ini, tetapi setelah membaca sejarahnya, menurut saya seiring waktu ACT akan terus bertambah besar.

Kantor ACT di daerah Ciputat cukup mudah di temukan. Didalam perjalanan menuju kantor ACT, kami menyaksikan peristiwa tabrakan bus kota. Awalnya saya ingin mengambil foto kejadian tabrakan itu, tapi sepertinya terlalu menakutkan- jadi ya batal. Semoga tidak ada korban jiwa ya dari kejadian tersebut.

Setibanya di kantor ACT, kami disambut oleh beberapa orang yang (maaf) saya tidak ingat namanya. Setelah memasukkan semua barang-barang sumbangan, resepsionis ACT meminta kami mengisi beberapa form- seperti form penyerahan barang. Ia juga membuatkan tanda serah terima untuk uang tunai yang kami bawa. Diluar dugaan saya, mereka ternyata sangat profesional.

Setelah selesai dengan proses administrasi, kami meminta tim ACT untuk mengambil foto penyerahan barang sebagai kenang-kenangan, bukti penyerahan kepada seluruh donatur dan bukti kenarsisan kami berdua. 

Tim ACT tidak hanya menyalurkan bantuan ke daerah Banjar Negara saja, jadi teman-teman yang ingin menyumbang bisa datang setiap saat untuk memberikan bantuan. Saya yakin mereka akan menyalurkan bantuan-bantuan tersebut kepada orang yang benar-benar membutuhkan.

Kalau kalian tertarik untuk memberikan sumbangan, silahkan datang ke kantor ACT di Menara 165, lantai 11. Jalan TB Simatupang Kav. 1, Cilandak, Jakarta Selatan, 12560. Telp: 021- 2940 6565

atau di Perkantoran Ciputat Indah Permai Blok B8-9. Jalan Ir. H. Juanda No. 50, Ciputat, 15419. Telp: 021- 741 4482

atau kunjungi saja web mereka melalui link di atas.

No comments:

Post a Comment