April 12, 2016

Review: Ahlijasa.com - Laundry

Masalah laundry memang sering jadi masalah buat anak-anak kost seperti saya, apalagi buat yang tempat kostnya nggak menyediakan jasa laundry sekaligus. Lebih susah lagi kalau lokasi tempat kostnya bukan dilokasi padat kostan, tetapi didaerah perumahan, karena biasanya keberadaan tempat laundry kiloan cukup sulit ditemui. Beberapa bulan yang lalu saya nggak perlu pusing mikirin masalah laundry ini karena kebetulan ada temen sendiri yang punya laundry dan dia berbaik hati mau antar-jemput laundry-an saya. Tapi kemudian negara api menyerang (nggak sih!), temen saya udah nggak bisa lagi antar-jemput laundry saya.

Beberapa hari pertama saya masih belum terlalu mikirin masalah laundry ini, tapi setelah tumpukan pakaian kotor semakin tinggi, baru saya panik. Sekarang mau laundry dimana?!!! Masa iya pakaian tidur yang udah bolong sana-sini itu mau di laundry ke 5aseć?! Akhirnya saya memutuskan untuk laundry disalah satu tempat laundry di daerah Binus yang nggak terlalu jauh dari tempat saya. Walaupun dekat, tapi malaikat juga tahu kalau daerah Binus itu macet. Macetnya kenapa? Cuma Tuhan yang tau jawabannya! Jadi pastinya laundry di Binus ini nggak akan saya jadikan solusi permanen saya. Untungnya, salah seorang teman merekomendasikan Ahlijasa.com. Sebagai seseorang yang benar-benar menggantungkan hidupnya dengan teknologi (baca: males!), pastinya Ahlijasa.com sangat-sangat menarik perhatian saya.

Setelah tumpukan pakaian kotor semakin tinggi, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba jasa laundry di Ahlijasa.com. Prosesnya cukup mudah, tinggal akses melalui websitenya di Ahlijasa.com- buat pengguna Android, sepertinya sudah ada aplikasi yang bisa kalian download dari smartphone kalian. Sebagai pengguna baru, kita harus sign up dulu untuk dapat melakukan pemesanan di Ahlijasa.com. Terdapat tiga pilihan jasa di Ahlijasa.com, yaitu laundry, cleaning dan pembersihan AC. Setelah membuat akun, sayapun kemudian memilih jasa yang saya butuhkan, yaitu laundry.


Sistem laundry di Ahlijasa.com mungkin sama saja seperti sistem antar-jemput kebanyakan laundry lainnya. Yang membedakan adalah penyedia jasa yang satu ini menggunakan sistem “chest”, bukan sistem kiloan. Biaya per chest adalah Rp 30,000, sudah termasuk dengan pengiriman di seluruh area JABODETABEK. Walaupun chestnya terlihat kecil, tapi satu chest dapat memuat hingga 40 pakaian atau sekitar 8kg- tergantung dari jenis pakaian yang di laundry.



Saat melakukan pemesanan, saya diminta mengisi beberapa data. Pertama, tentu saja saya harus mengisi data alamat tempat laundry akan diambil dan berapa chest yang saya pesan. Kali ini, saya memesan dua buah chest mengingat tumpukan pakaian kotor yang cukup banyak. Selanjutnya, saya harus mengisi tanggal dan waktu penjemputan, serta tanggal dan waktu pengembalian. Saya melakukan pemesanan pada tanggal 4 April 2016, maka laundry saya dapat diambil paling cepat pada tanggal 5 April 2016. Untuk waktu penjemputan dan pengembalian, pelanggan memiliki dua pilihan, yaitu pukul 09:00-12:00 dan pukul 20:00-23:00. Berhubung saya melakukan pemesanan pada hari kerja, maka saya memilih waktu penjemputan di malam hari.


Setelah itu, saya harus memberikan data tambahan seperti nomor telp dan email yang dapat dihubungi saat penjemputan dan pengembalian laundry. Kemudian, Ahlijasa.com akan memberikan rangkuman dari pesanan saya berikut dengan harga yang harus saya bayar, yaitu Rp 60.000. Disaat yang sama, saya mendapatkan email dari Ahlijasa.com yang berisi rangkuman pesanan berikut dengan Booking ID pesanan saya. Tahapan selanjutnya, tinggal menunggu laundry dijemput.



Keesokan harinya, sekitar jam 10 malam (sesuai dengan permintaan saya), kurir Ahlijasa.com datang menjemput laundry saya. Jujur awalnya saya ragu kalau chest yang dibawa bisa memuat seluruh pakaian yang ingin saya laundry, tapi ternyata setelah saya coba setiap chest bisa memuat pakaian yang cukup banyak. Total pakaian yang bisa saya laundry dengan dua chest adalah 55 pakaian, sudah termasuk dengan handuk dan sweater yang tebal. Saat penjemputan, kurir Ahlijasa.com akan meminta kita untuk menandatangi formulir penjemputan di smartphone mereka. Tidak beberapa lama, formulir penjemputan yang memuat detail penjemputan lengkap dengan tanda tangan sudah saya terima di email sebagai tanda bukti.



Beberapa hari kemudian, tanggal 9 April 2016- sesuai dengan yang tertera di formulir pemesanan, pakaian saya yang sudah di laundry pun dikirim. Kurir Ahlijasa.com pasti akan menghubungi kita dahulu untuk memastikan apakah kita ada dirumah atau tidak. Kebetulan saat pengembalian laundry saya sedang tidak berada ditempat, jadi proses penerimaan laundry saya serahkan kepada penjaga tempat kost saya. Saat laundry sudah diantar, saya menerima email yang berisi mengenai status pengiriman. Dan… selesai!




Saya selalu menaruh minat lebih pada bisnis yang dapat memanfaatkan teknologi dengan baik. Menurut saya langkah Ahlijasa.com yang memanfaatkan teknologi untuk menggapai konsumen-konsumennya sangatlah cerdas. Sebagai pelanggan, saya merasa sangat dimudahkan mulai dari proses pemesanan, penjemputan, hingga pengembalian laundry. Kurir dari Ahlijasa.com pun sangat kooperatif dan sopan saat penjemputan dan pengembalian. Mereka tidak keberatan untuk menjemput dan mengembalikan laundry sesuai dengan permintaan konsumen. Hasil laundry dari Ahlijasa.com pun sangat bersih dan rapi. Dengan harga yang menurut saya cukup terjangkau, saya merasa sangat puas dengan jasa yang disediakan oleh Ahlijasa.com.

Daripada pusing, langsung klik Ahlijasa.com aja!


Rate: 9/10

No comments:

Post a Comment